LCC Rawamangun

Oktober 25, 2008

Stop Depresi dengan 5 Langkah Sederhana

Filed under: Hidup Sehat — franchise bimbel @ 2:09 pm

Stop Depresi dengan 5 Langkah Sederhana

1. Gerak Badan  

Gunakan 15-30 menit waktu Anda untuk melakukan peregangan otot dengan gerak badan setiap harinya. Selain gerak badan, kegiatan lain seperti menari, sepeda santai dan lari pagi juga dapat dilakukan. Orang yang depresi mungkin malas untuk melakukan sesuatu. Peran orang lain yang dapat memotivasi sangat dibutuhkan untuk membangunkan semangatnya. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah mengikuti kelas yoga. Aktivitas menggerakan badan sangat mengurangi depresi yang dialami seseorang. 

2. Memelihara tubuh dengan nutrisi yang bagus 

Depresi dapat menyebabkan nafsu makan seseorang menurun. Jika depresi mempengaruhi selera makan maka makanan dengan keseimbangan gizi yang cukup dapat menjadi pilihan. Nutrisi yang tercukupi dapat membuat seseorang merasa lebih mood, konsentrasi dan berenergi selain makanan pokok tentunya. 

3. Identifikasi masalah, tapi jangan memikirkannya 

Cobalah mengidentifikasi penyebab Anda mengalami depresi. Ketika Anda tahu penyebabnya cobalah bicarakan hal tersebut dengan teman atau orang yang dekat dengan Anda. Berbicara adalah salah satu jalan untuk membebaskan perasaan dan menerima beberapa pemahaman. Membicarakan masalah dengan teman atau keluarga dapat membuat Anda lebih mengenali masalah yang sedang Anda hadapi. 

4. Ekspresikan dirimu 

Seseorang yang dalam keadaan depresi akan terhambat kreativitas dan rasa humornya. Mengeluarkan segala imajinasi Anda dengan melukis, menggambar, menulis, menari, dan kegiatan lainnya dapat memberikan rangsangan positif emosi Anda. Luangkan waktu Anda untuk bermain dengan teman atau keluarga atau mungkin dengan hewan kesayangan untuk membuat Anda merasa nyaman. Anda juga bisa menonton film lucu untuk menghidupkan mood Anda yang hilang. 

5. Lihat sisi baiknya 

Orang yang sedang depresi memiliki kecenderungan melihat segala hal dengan negatif dan kehilangan harapan. Hal terpenting adalah merubah cara pandang Anda terhadap suatu permasalahan. Melihat sisi baik dari suatu permasalahan dapat memberikan catatan positif pada kehidupan Anda. Cobalah untuk membuat segala yang Anda pikirkan menjadi sistematis sehingga akan memudahkan dalam menganalisa atau menemukan jalan keluarnya. 

Nah, bagi Anda yang merasa tertekan atau mempunyai tanda-tanda depresi cobalah lima langkah tersebut. Dengan kata lain, kekuatan, semangat dan doa menjadi hal terpenting dalam menghadapi sesuatu hal yang membuat Anda tertekan. 

Sumber : http://www.okezone.com/index.php?option=…&Itemid=69

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: