LCC Rawamangun

Oktober 27, 2008

Indonesia Usulkan 8 Program Kerjasama Pendidikan

Filed under: Info Pendidikan — franchise bimbel @ 11:57 am

Jakarta, Rabu (22 Oktober 2008) — Indonesia mengusulkan sebanyak delapan program kerjasama pendidikan kepada negara – egara berkembang terbesar di dunia (E-9). Usulan ini disampaikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo pada Pembukaan Senior Officials Meeting of E-9 Countries di Depdiknas, Jakarta, Rabu (22/10/2008). Program kerjasama yang ditawarkan Indonesia ini untuk mencapai target pendidikan untuk semua atau education for all (EFA) dan Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015.

Hadir pada acara Asisten Direktur Jenderal UNESCO Bidang Pendidikan Nicholas Burnett, Direktur UNESCO Kantor Jakarta Hubert Gijzen, Sekretaris Jenderal Depdiknas Dodi Nandika, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Fasli Jalal, Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Depdiknas Baedhowi, para delegasi anggota E-9, perwakilan Bank Dunia, dan perwakilan UNICEF.

Mendiknas menyebutkan, sebanyak 70 persen permasalahan pendidikan di dunia terdapat di sembilan negara yang tergabung dalam E-9. Negara – negara tersebut yakni, India, Cina, Bangladesh, Pakistan, Indonesia, Mesir, Nigeria, Meksiko, dan Brazil.

Mendiknas mengatakan, program yang diusulkan yakni, program beasiswa Sandwich untuk guru dan dosen, program pembelajaran jarak jauh, program pertukaran dan berbagi sumber daya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menggunakan Indonesia Higher Education and Research Network (INHERENT), Global Development Learning Network (GDLN), dan Jejaring Pendidikan Nasional (JARDIKNAS). “Kita bisa sharing materi – materi perpustakaan dan bahkan perkuliahan yang diselenggarakan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung dishare dengan negara – negara lain melalui telewicara,” katanya.

Program selanjutnya, kata Mendiknas, adalah model madrasah modern, sertifikasi guru dalam jabatan, pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan untuk guru dalam jabatan, pertukaran guru formal dan nonformal, dan pelatihan kompetensi ganda untuk guru yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda dengan mata pelajaran yang diampunya.

Mendiknas menyampaikan, model madrasah atau sekolah yang berbasis agama Islam akan ditawarkan kepada anggota E-9 yang pendduduknya banyak beragama Islam seperti, Pakistan, Bangladesh, Mesir, dan Nigeria. “Kita tawarkan model madrasah karena madrasah itu seperti sekolah, tetapi dikelola oleh Departemen Agama, namun terintegrasi mengikuti standar nasional pendidikan yang ditetapkan oleh Mendiknas,” katanya.

Kemudian, lanjut Mendiknas, program pelatihan bagi guru dalam jabatan melalui 12 pusat pelatihan guru yang terdapat di Indonesia. Pusat – pusat itu, kata Mendiknas, bisa digunakan untuk melayani anggota – anggota E-9. “Selama ini, melalui 12 center itu melayani negara seperti Vietnam, Kamboja, Laos, dan Timor – Timur, ” ujarnya.

Nicholas berpendapat, peran E-9 sangat signifikan dalam konteks EFA dan MDGs. Pertemuan yang akan berlangsung mulai 22 – 24 Oktober 2008 ini, kata dia, merupakan tindak lanjut pertemuan Ministerial Meeting pada Maret 2008 di Bali. Fokus pertemuan ini, kata dia, adalah tentang guru dan kerja sama Selatan – selatan (South – south coorperation). Dia menyebutkan pentingnya kerja sama Selatan – selatan. “Salah satu alasannya adalah pengalaman yang terus berkembang dari beberapa negara untuk saling berbagi satu sama lainnya,” katanya.

Nicholas mengatakan, hasil penting lainnya yang diharapkan pada pertemuan ini yakni sebagai persiapan untuk pertemuan mendatang. Dia menyebutkan, pada November 2008 akan diselenggarakan konferensi internasional pendidikan di Genewa, Swiss dan EFA High Level Group (HLG) meeting di Oslo, Norwegia pada Desember 2008.***


Sumber: Pers Depdiknas

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: