LCC Rawamangun

Oktober 28, 2008

Melahirkan Normal Atau Operasi? Tanya Komputer!

Filed under: IT — franchise bimbel @ 9:44 am

akarta – “Apakah saya bisa melahirkan normal?” Pertanyaan tersebut kadang membuat dokter bingung. Lantaran dibilang bisa, namun sang ibu yang berjuang melahirkan normal harus berakhir juga di meja operasi. Kini komputer bisa menentukan.

Seperti dilansir TimesofIndia dan dikutip detikINET, Senin (27/10/2008), kini tengah dikembangkan sebuah software dalam komputer yang dilengkapi dengan sensor nirkabel yang dapat memonitor proses kelahiran serta akan memberi peringatan ke dokter bila tindakan operasi sesar memang harus dilakukan.

Menurut Jose Principe dan rekan pengembang dari University of Florida, untuk masa yang akan datang, komputer dapat membantu dokter dalam memutuskan apakah perlu ada tindakan operasi, tanpa mengambil risiko bagi sang ibu atau anaknya.

Lebih lanjut dikatakan, karena tindakan operasi sesar merupakan sebuah keputusan besar, maka kadang dokter juga menghadapi situasi dilema dimana proses melahirkan adalah sesuatu yang penuh risiko, terlebih menentukan untuk operasi.

Namun, dengan dikembangkannya software yang tidak disebutkan namanya tersebut, keputusan itu tak lagi akan membingungkan dokter. Karena menurut Jose, sensor nirkabel cukup akurat untuk memonitor parameter seperti aktivitas elektrik dari otot di dalam uterus, yang juga dapat menentukan kekuatan dan frekuensi kontraksi.

Berdasarkan monitor tersebut, komputer akan memprediksi apakah ibu tersebut dapat melahirkan anaknya secara normal atau harus segera dilarikan ke meja operasi.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: