LCC Rawamangun

November 4, 2008

APA ITU SPMB? BISA KAH LULUS SPMB TANPA BIMBEL?

Filed under: Info Pendidikan — franchise bimbel @ 11:18 am

Kali ini penulis mengangkat tema tentang SPMB, yang sebentar lagi akan dilaksanakan SPMB 2008. Jadwal dan pengumuman lainnya bisa dilihat di spmb.or.id.

Apakah itu SPMB? SPMB adalah singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Kalau Anda mengenal UMPTN, SIPENMARU, itulah nama lain dari SPMB.

Umumnya, SPMB memberikan kesempatan kepada kita setelah lulus SMA sebanyak 3 kali kesempatan. Kalau Anda sekarang baru lulus sederajat SMA, maka Anda bisa mengikuti SPMB 2008, 2009, dan 2010. SPMB memberikan peluang kepada kita untuk masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Jadi, jika Anda mempunyai mimpi untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit, salah satu cara yang Anda bisa ikuti adalah mengikuti tes SPMB. Biasanya SPMB merupakan alternatif ke-dua yang Anda harus ikuti untuk masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Karena sebelum dilaksanakan tes SPMB, biasanya masing-masing perguruan tinggi negeri mengadakan tes khusus, misalnya UM UGM, USM ITB, SMUP UNPAD, dsb.

Jika keluarga Anda masuk ke kategori biasa, jangan mengharap Anda lulus tes khusus di atas. Alternatif yang lain yang Anda bisa ikuti adalah SPMB. Penulis tidak mengatakan bahwa tes yang dimaksud di atas mutlak memerlukan “duit”, tetapi penulis memiliki informasi yang berdasarkan informasi dari orang-orang yang memiliki pengalaman tentang tes tersebut.

Lalu masih ada alternatif lain sebelum SPMB? Bukan kah PMDK salah satu alternatif yang yang lain?. PMDK dilaksanakan saat Anda masih belajar di bangku kelas 3 SMA, kemudian nilai Anda di raport sangat menentukan sekali kelulusan di jalur tersebut. Jadi, jika Anda memiliki ranking yang bagus atau Anda mempunyai keahlian khusus di bidang olahraga misalnya atau Anda pernah mengikuti Olimpiade dan meraih medali baik itu di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, atau bahkan internasional. Maka Anda bisa mengandalkan itu.

Jika sekarang kenyataannya tidak lulus PMDK, jalur khusus seperti USM, UM, SMUP, dll., Anda hanya bisa mengandalkan satu alternatif terkahir yaitu SPMB.

Bagaimana kita bisa lulus SPMB? Bisakah lulus SPMB tanpa Bimbel?…

tidak ada jawaban selain nanti Anda membuktikannya sekitar bulan Agustus awal.

Orang sangat “agitated” mengikuti Bimbel, semua orang tua memaksa anaknya untuk masuk Bimbel dengan tujuan lulus SPMB. Namun, sejauh mana Bimbel menolong kita saat mengerjakan soal SPMB?…….

Masing-masing lembaga Bimbel memiliki jurus khusus yang berbeda untuk mengantisipasi soal SPMB yang akan datang, mereka yang menjadi staf pengajar di lembaga Bimbel benar-benar bekerja keras untuk mengalahkan soal SPMB. Umumnya apa yang menjadi taktik ketika mengajar di sekolah, mereka harus berpaling kepada taktik yang harus diajarkan ke siswa dari lembaga Bimbelnya. Bahkan, lembaga Bimbel berusaha untuk memberikan simulasi SPMB secara berturut-turut, sehingga siswa merasa biasa dan tidak “stuff” ketika melihat soal SPMB.

Di sinilah yang menjadi persoalan. Izinkan penulis bertanya kepada Anda :” Apakah sekolah Anda ada program khusus untuk mempersiapkan tes SPMB?”. Jika tidak ada, maka sekolah Anda hanya peduli sampai lulus UAN saja. Dan selanjutnya Bimbel harus Anda ikuti ketika mempersiapkan SPMB.

Penulis mempunyai pengalaman di dalam mempersiapkan SPMB bersama lembaga Bimbel. Materi yang menjadi soal dalam tes SPMB merupakan materi yang jauh berbeda dari UAN, jika Anda menganggap UAN hanya tes biasa, belum tentu Anda mempunyai pandangan yang sama kepada tes SPMB. Lalu seperti apa materi yang diujiankan dalam tes SPMB?. 50% materi SMA dan 50% karakteristik materi kuliah. Kenapa bisa seperti itu? Yang menjadi panitia pembuatan soal SPMB adalah dosen-dosen dari seluruh perwakilan perguruan tinggi negeri di Indonesia. Idealnya, materi SPMB mempunyai ramuan seperti di atas.

Lalu bagaimana sekarang?..kalo Anda sekarang mengikuti Bimbel, ikutilah dengan tekun dan rajin, jangan sia-siakan kesempatan. Kalo Anda tidak mengikuti Bimbel karena alasan tertentu, beri perhatian kepada poin-poin di bawah ini:

  1. Jangan memilih perguruan tinggi yang dianggap orang sebagai perguruan tinggi negeri favorit.

  2. Pilih target yang ideal, cari passing grade di bawah 30 % (Anda bisa mencari tahu kepada teman Anda yang mengikuti bimbel atau ke guru Anda).

  3. Persiapkan kemampuan internal dan eksternal Anda.

Kemudian poin lainnya tidak jauh berbeda ketika Anda mempersiapkan diri menghadapai UAN. Jadi, selamat mengikuti SPMB dan raih target Anda.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: