LCC Rawamangun

November 25, 2008

Cara mengatasi depresi

Filed under: Tips & Artikel — franchise bimbel @ 5:53 pm

Cara mengatasi depresi

Anda boleh percaya, boleh juga tidak. Dengan jalan-jalan 30 menit, ternyata dapat mengatasi depresi ringan selama satu jam. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh para peneliti di Texas University, Austin.

Kebanyakan penderita depresi ringan merasa lebih segar dan lebih tenang selama lebih dari satu jam setelah mereka melakukan latihan berjalan di atas treadmill selama 30 menit. Mereka merasakan bahwa tekanan darah dan perasaan negatif atau kondisi tertekan yang dideritanya mengalami penurunan.

Penelitian sebelumnya pernah menyatakan bahwa olahraga secara teratur dapat membantu seseorang terbebas dari masalah depresi, apalagi jika diikuti dengan konseling dan pengobatan medis. Penelitian lainnya juga mendukung bahwa gerak badan yang aktif memang memiliki pengaruh yang baik untuk mengatasi depresi.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Texas University, Austin tersebut melibatkan 40 orang yang berumur 18 hingga 55 tahun. Mereka didiagnosa mengalami depresi dan belum pernah diobati dengan obat antidepresi atau latihan secara rutin sebelumnya. Sebanyak 20 orang pasien tersebut diminta untuk menjalani latihan selama 30 menit, sedangkan sisanya dipersilahkan duduk dengan tenang di waktu yang sama. Kondisi tubuh mereka kemudian dianalisa lima menit sebelum diberikan perlakuan serta 30 dan 60 menit sesudahnya.

Aktivitas jalan-jalan yang dilakukan oleh 20 orang tersebut berefek meningkatkan semangat mereka kembali. Namun, pengaruhnya hanya bersifat jangka pendek karena tubuh mereka kembali ke kondisi awal sekitar satu jam sesudahnya. Mungkin untuk orang yang mengalami depresi berat, hal itu tidak memberikan arti apa-apa. Namun bagi mereka yang mengalami depresi ringan, latihan olahraga tersebut diperkirakan dapat menurunkan perasaan terisolasi atau terkucil dari lingkungan sosialnya selama ini sehingga dapat meningkatkan semangat mereka kembali.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: