LCC Rawamangun

November 26, 2008

Belalang Ranting Serangga Terpanjang

Filed under: Sains — franchise bimbel @ 4:02 pm

Belalang Ranting Serangga Terpanjang

Serangga ranting (Phobaeticus chani) dari Kalimantan tercatat sebagai serangga terpanjang di dunia.

SABTU, 18 OKTOBER 2008 | 10:12 WIB

JAKARTA, SABTU- Satwa unik yang dikenal para ahli serangga Indonesia sebagai belalang ranting dari hutan Pulau Kalimantan, diidentifikasi para peneliti pada Museum Sejarah Alam, London, Inggris, sebagai serangga terpanjang di dunia.

Spesies Phobaeticus chani betina itu memiliki panjang 56,7 sentimeter atau lebih panjang 1 cm dari spesies sebelumnya yang ditemukan di Malaysia dan Indonesia, Phobaeticus serratipes. 

Secara fisik, serangga ranting menyerupai pensil dengan empat lengan dan dua antena. Untuk bertahan hidup dari predator alami di hutan-hutan tropis, serangga itu menyamar di antara ranting-ranting dan seresah dedaunan. 

Selain berbentuk unik, serangga ranting diketahui dapat berubah warna menyesuaikan media yang dihinggapinya. Diungkapkan pihak Museum Sejarah Alam, dua spesimenPhobaeticus chani yang lain dikoleksi di Malaysia. 

Kepastian status terpanjang di dunia itu, seperti dilaporkan Kantor Berita Associated Press (AP), ditegaskan beberapa ahli serangga (entomolog) dari Inggris, Italia, dan Amerika Serikat (AS), yang secara resmi dimuat dalam jurnal Zootaxa yang terbit bulan ini. Penambahan nama chani di belakang Phobaeticus untuk menghormati Chan Chew Lun. 

”Kami punya banyak belalang ranting, tetapi dari genus lain,” kata peneliti serangga pada Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rosichon Ubaidillah ketika dihubungi di Cibinong, Jawa Barat, Jumat (17/10). Spesimen belalang ranting dari genus Cyphocrania sepanjang 30 cm tersimpan di Museum Biologi LIPI. 

Menurut Rosichon, masih banyak jenis belalang ranting koleksi LIPI, tetapi belum diidentifikasi secara detail. Di dunia, setidaknya 3.000 spesies belalang ranting yang telah diidentifikasi. (GSA)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: