LCC Rawamangun

Januari 13, 2009

Malam Penganugerahan Penghargaan Pemenang OSN-PTI

Filed under: LCC News — franchise bimbel @ 3:10 pm

 
15-12-2008 11:13:24 | Dibaca : 168

Depok, 9 Desember 2008, bertempat di Graha Sabha Widya, Wisma Makara UI, Kampus UI Depok berlangsung acara malam penganugerahan..

penghargaan pemenang Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI).

Acara ini dihadiri oleh Dr. Ir. Muhammad Anis M. Met (Wa Rek UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Drs. AK Tafsir Nurchamid, M.Si (WaRek  UI bidang SDM, Keuangan dan Administrasi Umum), Sunardji SE, MM (WaRek UI bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Industri), Perwakilan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, Bp.Waluyo (Direktur Umum dan SDM Pertamina) dan para Dekan UI serta peserta OSN-PTI. Jamuan makan malam dan  persembahan Liga Tari Krida Budaya UI menjadi pembuka acara yang berlangsung mulai pukul 19.00-21.00 WIB. 
 

Pada kesempatan tersebut, diumumkan 3 Peserta Terbaik OSN-PTI sebagai pemenang. Para pemenang bidang Ilmu Fisika yaitu Eddwi Hesky H (UNIBRAW) berhasil menjadi peringkat 1, Raditya Utama (UI) pada peringkat II dan Normansyah (UNILA) sebagai peringkat III.

 Pemenang bidang Ilmu Matematika yaitu Ricky Aditya (UGM) meraih peringkat 1, Inne (UI) pada peringkat II dan Taufiq Hilal Tawab (ITB) menjadi peringkat III.

Pemenang bidang Ilmu Kimia yaitu Khabib Khumaini (ITB) pada peringkat 1, Eliezer (ITB) menduduki peringkat II dan Reigina Gunawan (UI) di peringkat III.

Para pemenang berhak mendapatkan total hadiah sebesar 135 juta rupiah berikut piagam penghargaan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan dan sains pada pendidikan tinggi  di Indonesia, Pertamina memberikan dana Pembinaan bagi 5 Perguruan Tinggi yang merupakan perguruan tinggi asal ke 9 grand finalis OSN-PTI 2008 dengan total hadiah sebesar 865 juta rupiah.

Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN-PTI) ini merupakan olimpiade sains pertama yang diselenggarakan oleh PT. Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Universitas Indonesia dengan mengusung tema “ Mempersiapkan Generasi Indonesia Berprestasi”. Kompetisi ini diharapkan dapat menghasilkan kandidat yang potensial untuk selanjutnya dibina dan diajukan dalam ajang olimpiade tingkat internasional.

OSN-PTI 2008 diikuti lebih dari 4000 mahasiswa dari 38 Perguruan Tinggi Negeri dan 21 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia. OSN-PTI 2008 meliputi 3 bidang ilmu yang dilombakan yaitu Matematika, Fisika dan Kimia. Seleksi OSN-PTI diawali dengan seleksi peserta tingkat daerah pada tanggal 3 November 2008 di  Perguruan Tinggi Negeri Mitra Panitia di 31 Provinsi dan di Fakultas MIPA UI kampus Depok untuk wilayah Jabodetabek.

Setiap tingkatan seleksi terdiri dari 3 tahapan seleksi yaitu seleksi tahap 1 (Quarter Final), tahap II (Semi Final) dan tahap III (Grand Final). Melalui seleksi daerah, terpilih 99 mahasiswa yang  akan mengikuti seleksi tingkat nasional yang berlangsung  sejak  tanggal 5 hingga 9 Desember bertempat di Wisma Makara UI.

Setelah melalui seleksi nasional tahap II (semi final), terpilih 9 Grand Finalis yang berasal dari 5 Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Lampung (UNILA), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UNIBRAW) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Para grand finalis ini berkompetisi pada seleksi tahap III (grand final) dalam bentuk presentasi-interaktif antar peserta OSN-PTI.

Berdasarkan hasil akumulasi penilaian dewan juri pada setiap tahapan seleksi yang telah dilalui, maka ditetapkan 3 Peserta Terbaik untuk setiap bidang ilmu yang dilombakan (Fisika, Kimia dan Matematika).Selama mengikuti tahapan seleksi OSN-PTI,  para peserta juga mendapatkan kesempatan melakukan kunjungan ke Pertamina Depot Plumpang World Class UPMS III-Tanjung Priok Jakarta Utara, wisata ke DuFan dan mengunjungi Museum Migas dan Iptek di Taman Mini Indonesia Indah. sumberwww.ui.ac.id| Posted 2008-12-10 10:00:51 (wulan)

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: