LCC Rawamangun

Januari 15, 2009

HIGH SPIRIT BRING SUCCESS; PROF. DR. YUSRIL IHZA MAHENDRA

Filed under: Cerita Sukses — franchise bimbel @ 12:05 pm


“ The only way to success is working hard and earnestly” (Bekerja keras dan sungguh-sungguh adalah jalan satu-satunya ke arah sukses – Thomas Alva Edison, Ilmuwan). Kalimat bijak di atas, agaknya tepat untuk menggambarkan perjuangan seorang Yusril Ihza Mahendra, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI) yang juga mantan Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu, di dalam meniti perjalanan hidupnya.

 

Dalam perbincangan dengan penulis, mantan Menteri Kehakiman dan HAM Kabinet Gotong-Royong ini mengungkapkan, sukses yang diraihnya dilandasi totalitas dalam belajar, bekerja serta tak pernah mengeluh dan menyerah dalam situasi sesulit apapun. Yusril lahir dari keluarga amat sederhana. Saat menginjakkan kaki ke Jakarta tahun 1976 dan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan spesialisasi Hukum Tata Negara, Yusril muda sempat tidur di lantai masjid yang lembab dan dingin, karena bekalnya minim. Ada banyak masjid yang sempat ditinggalinya salah satunya Masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta.

 

Untuk menyambung hidupnya ia bekerja serabutan antara lain mengajar mengaji dan melatih ilmu bela diri. Tak hanya itu ia sempat pula berdagang kelapa dan ikan di kawasan Tanah Abang, Jakarta. Semuanya dijalani dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Kuliahnya pun tak ditinggalkan, ia tetap terus mengasah ilmu dan kemampuan. Yusril sangat percaya, pendidikanlah kunci untuknya didalam meraih keberhasilan. Tak heran berbagai kesulitan dan penderitaan yang dihadapinya dianggap sebagai “vitamin’ yang kian memperkuat hasrat dan kemauannya dalam meniti kesuksesan. Kerja kerasnya pun berbuah hasil, ketika duduk di tingkat III Fakutas Hukum, ia dipercaya Alm. Prof. Osman Raliby menjadi asistennya untuk mengajar mata kuliah Islam di Universitas Indonesia. Pada titik inilah intelektualnya ditempa dan membawanya untuk bertemu secara intens dengan para tokoh pendiri Republik Indonesia seperti Moh. Natsir, Moh. Roem, Sjafruudin Prawiranegara dan sebagainya.

 

 

Dunia aktivisme menarik perhatian Yusril pula. Semasa kuliah ia terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa UI, aktif di Pemuda Muslimin, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI). Puncak perjalanan organisasinya ketika ia terpilih menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB). Berawal dari dunia akademis dan dunia aktivitas, akhirnya Yusril pun memasuki dunia politik. Tiga kali dipercaya menjadi menteri, dua kali Menteri Kehakiman dan HAM, dan satu kali menjadi Menteri Sekretaris Negara. Pernah pula menjadi anggota MPR dan DPR.

 

Lalu apa yang dapat dipetik bagi generasi muda di dalam melihat sosok perjalanan seorang Yusril Ihza Mahendra? Hal yang utama yaitu adanya total commitment, untuk terus mengembangkan keahlian dalam bidang yang ditekuninya dengan cara terus belajar, bekerja dan berbuat yang terbaik bagi diri pribadi maupun untuk masyarakat luas. Rumus dan rahasia sukses Yusril lainnya yaitu, kerja keras dengan disiplin yang kuat, untuk terus bangkit dan berjuang, kendati ia mengalami penderitaan, kesusahan dan bahkan “jatuh” berkali-kali. Never Give Up! Ia percaya setelah malam yang gelap, fajar terang akan segera menyingsing. Yusril muda selalu bangkit dari kegagalan dan kekalahan serta terus melangkah maju, demi meraih cita-cita yang diimpikan.

Hikmah lain yang dapat dipetik yaitu, kita jangan pernah meremehkan kemampuan diri. Anda harus percaya dan yakin akan kekuatan diri sendiri dan jangan bergantung pada orang lain. Allah SWT memang menciptakan kita semuanya berbeda, tapi bukan saja berbeda, melainkan melengkapinya dengan sejumlah potensi, keistimewaan dan kedahsyatan yang juga sangat berlimpah. Pada akhirnya, kita semua diberikan peluang dan kesempatan yang sama. Tanggungjawab kita cuma perlu kerja keras, menemukan, dan memberdayakan seluruh kekuatan kita demi meraih sukses yang diidam-idamkan. Selamat berjuang! (Novranto-Image Communication).

 

Tips Melangkah :

 

  • Yakin dan percayalah bahwa pasti anda akan sukses. Dimulai dengan sukses kecil dan terus berlanjut ke pencapaian sukses yang lebih besar, hingga tujuan hidup anda terwujud.
  • Jadilah pembelajar seumur hidup. Terus belajar dan mempelajari hal-hal baru serta meningkatkan kualitas diri.
  • Perkuat ketabahan dan keuletan. Apapun situasinya, selama kita masih diberikan nafas kehidupan, kita tak boleh menyerah, berhenti dan putus asa, niscaya kesuksesan dapat diraih. (Novraimage)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: