LCC Rawamangun

Juni 25, 2009

Kelulusan UN SMP Jakarta 99,8 Persen

Filed under: Berita LCC,Info Pendidikan,LCC News — franchise bimbel @ 10:14 am

Angka kelulusan ujian nasional (UN) SMP di DKI Jakarta mencapai 99,805 persen. Dari Dari 132.956 peserta UN, ternyata yang lulus mencapai 132.697 peserta (99,805 persen) dan yang tidak lulus hanya 259 siswa (0,195 persen). Angka kelulusan UN SMP tersebut diumumkan Sabtu (20/6). Pengumuman kelulusan itu telah dilakukan masing-masing sekolah melalui pesan singkat atau SMS, telepon, website, email, pos, jasa kurir, dan ditempel di papan pengumuman.

Kepala Dinas Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan, nilai rata-rata kelulusan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 7, 45, Bahasa Inggris 6,86, Matematika 6,95, dan IPA 6,66. Bahkan ada tiga siswa yang mendapatkan nilai 10 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, 48 siswa untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, 3.608 siswa untuk mata pelajaran Matematika, serta 65 siswa untuk mata pelajaran IPA.

Kendati begitu, hasil UN ini diketahui jumlah siswa yang mendapatkan nilai 10 adalah Bahasa Indonesia 3 orang, Bahasa Inggris 48 siswa, Matematika 3. 608 siswa dan IPA 65 siswa.

“Peserta UN yang dinyatakan tidak lulus dapat mengulang di tahun berikutnya. Namun jika tidak mau, maka dapat mengikuti ujian paket B yang kemungkinan digelar awal Juli mendatang,” ungkapnya, Sabtu (20/6).

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Kamaluddin, mengatakan, kualitas lulusan tahun ini banyak mengalami peningkatan, terutama untuk mata pelajaran Matematika. “Peningkatan kualitas lulusan ini disebabkan sekolah lebih siap menghadapi ujian nasional. Kemudian meningkatnya pembinaan dari Dinas Pendidikan DKI, guru, kepala sekolah utamanya dalam KBM. Kita juga sering menggelar doa bersama di komunitas pendidikan,” jelas Kamaluddin.

Tahun depan, kata Kamaluddin, pihaknya akan melakukan beberapa program untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seperti akan membuat kontrak kerja antara dinas dengan sudin dan sudin dengan kepala sekolah. “Kami juga akan melengkapi sarana prasaran pendidikan baik segi kualitas maupun kuantitasnya,” imbuh Kamal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan SMP/SMA, Amsani Idris, mengatakan, angka kelulusan UN SMP tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 99,09 persen. Sementara, peringkat pertama angka kelulusan UN SMP negeri di DKI Jakarta masih diraih oleh SMPN 115. Seperti untuk mata pelajaran Matematika dan IPA, sekolah tersebut menduduki peringkat pertama.

Kepala SMPN 115, Adi Dasmin, saat dikonfirmasi via ponselnya mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu sejak dua tahun bertutur-turut menduduki peringkat pertama. “Untuk siswa terbaik diraih oleh Alida Efthyani dan disusul ole Widyani Rachmi,” ujarnya.

Dari 337 peserta UN, selain angka kelulusannya 100 persen juga banyak siswa yang meraih nilai 10. Untuk mata pelajaran Matematika ada 98 siswa, Bahasa Inggris 4 siswa, dan IPA 24 siswa.

Sekadar diketahui, saat ini di Jakarta terdapat 1.246 SMP negeri dan 999 SMP swasta. Sedangkan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu terdapat 5 SMP negeri dan 2 SMP satu atap dengan SD/SMA.(beritajakarta)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: